Balada Ujian Nasional

Sabtu, 14 Juni 2008

|
22 April 2008

hari pertama UAN.
Shit, pagi-pagi disambut dengan cuaca mendung dan gerimis, pertanda buruk. Akbar datang pagi-pagi dan kita berangkat bareng, seperti biasa, gw naek motor sambil dengerin musik, tapi rasanya aneh, ngga seperti hari-hari biasa, pikiran melayang, perut mules, kacau, semuanya serba salah, mau benerin headset, tapi takut kenapa-napa (padahal dengerin musik sambil naek motor aja udah salah, wakakakakak), tapi emang pikiran bener-bener kacau, tiang lagi diem aja mau ditabrak, edan.
Nyampe sekolah, gw udah disambut sama senyuman penuh harap dari bu KD sang kepala sekolah. temen-temen gw lagi pada ngantri buat ngabsen pake sidik jari, Farah ngasih lembaran kunci jawaban soal ekonomi (bukan bocoran UAN!), disuruh bayar seceng pula... cuaca masih mendung, gerimis berubah jadi rintik-rintik syahdu (kayak apa tuh?) gw peratiin, muka temen-temen gw pada muka cerah, muka penuh harap, tapi, pada siang hari, semua akan berubah...

Yap, akhirnya bel masuk dimulai, disambut oleh jeritan teman-teman gue yang udah mulai nervous. pelajaran pertama, Bahasa Indonesia! bahasa kita, cukup melelahkan, karena banyak reading-nya, stamina gue langsung abis pada saat itu, gw salah strategi, gue terlalu konsentrasi, jadinya capek duluan... tapi semua berjalan lancar, jadi... tidak ada yang perlu diceritakan...

Nah... pelajaran yang kedua, Matematika! pelajaran yang turun dari neraka, yang merubah wajah penuh harap temen-temen gue jadi... nanti sajalah.
Detik-detik pertama begitu menegangkan, soal nomer 1, negasi, masih mudah... nomer 2, ingkaran, masih gampang... nomer 3, premis, okelah... tapi seterusnya? apa itu limit? apa itu persamaan kuadrat? apa itu faktorial? matriks? gue ngga ngeliat ada Keanu Reeves di situ... bah, untunglah dengan sedikit (sedikit? banjir kaleeeee) keringat dan sakit leher gue masih bisa ngerjain tuh soal, walaupun udah meregang nyawa. Gw sempet nengok ke arah temen-temen gue, sekalian, siapa tau dapet contekan, hehe...
tapi, ngeliat muka mereka, gw jadi ngga tega nanya...
Malya, rambutnya berantakan, matanya sayu, berkali-kali menarik napas panjang.
Doni, walau botak, mukanya yang berantakan, ngga tega deh.
Farah, cengengesan sendiri, tapi mukanya miris banget.
Banar, keringet jagung, berkali-kali garuk kepala.
Babe, berkali-kali ngeluh, matanya udah jereng melototin soal.
Gw? pengen jerit rasanya.

Jarum jam berjalan perlahan, detik, menit, jam... semua berjalan begitu lambat, akhirnya, tepat dua jam, gw berhasil ngisi soal nomer 17 dan 20 yang sulitnya bukan main, dengan napas lega dan penuh harap, gw ngumpulin soal dan jawaban kepada guru yang ngawas, dua orang, dari SMA 103 dan SMA 59.
Akhirnya penderitaan selama dua jam berakhir, dengan hasil yang terlalu sulit untuk diprediksi, kita cuma bisa berharap yang terbaik aja...

Begitu di luar ruangan, gw agak bingung, Gw ngeliat Ine nangis, mungkin memang soal IPA agak sulit. Agak? tunggu dulu... ngga cuma Ine! Erin, Harida, Hasya, Ulfa, Listy, Nina dan beberapa teman-teman gw yang mayoritas IPA nangis semua! Gw ngga bisa membayangkan seperti apa soal IPA. Tapi ngga cuma itu, anak IPS akhirnya kena imbasnya juga, Chiko tiba-tiba nangis di depan gw waktu lagi ngomongin ujian tadi, Wida juga gw liat cuma bisa nyender lemes di tembok lorong, gw ajak ngobrol aja sekalian berbagi kesusahan, karena gw juga ngerasain hal yang sama dengan yang lainnya, kepala gue pusing, dalam arti harafiah, kepala gue bener-bener sakit!
Gw sempet noleh ke arah tangga, di situ ada Andre yang terduduk lesu di depan tangga. Gw? speechless.

Suasana berubah drastis. Kalau paginya gw masih bisa ngeliat Harida, Erin, dan yang lainnya ketawa, siangnya, tidak ada tawa sama sekali, anak IPA maupun IPS, semua sama, mendung! Hujan deras pun turun mengguyur SMAN 71, sama dengan suasana hati kita saat itu, suram, mendung, gelap. Hujan yang turun udah seperti kumpulan air mata siswa-siswi 71 yang terkumpul. Semoga saja, air mata kami nanti berubah jadi air mata bahagia di hari kelulusan nanti, amin.
Tidak hanya itu, bahkan gue dan geng gue, para Lebay Boys, yang biasanya merusuh kantin, rasanya tidak punya gairah untuk melawak, semua garing, tidak mood.

pulang ke rumah, gw langsung istirahat sampe sore, abis maghrib langsung ngisi soal-soal geografi, bahkan gw masih kalut dan stress mikirin ujian tadi, untunglah, gw masih punya temen yang seenggaknya bisa sedikit bikin gue cengengesan, ada Nurul, Echa, dan Dina, temen gue di SMA 8.

Nah, hari ini penuh dengan duka dan sesuatu yang tidak terduga, semoga besok lebih baik lagi, amin.

GO FREUNDSCHAFT! KITA PASTI LULUS BERSAMA!!!

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.